Menulis catatan perjalanan tidak hanya menyenangkan namun juga bermanfaat, tidak hanya sekadar aktivitas untuk membunuh waktu saat liburan, namun kamu dapat mengabadikan seluruh kegiatan yang kamu lakukan dan tentu saja membagikannya. Dan berikut kami rangkum beberapa manfaatnya.

Memorabilia Memori

Sejatinya, ingatan itu tidak ubahnya seperti warna yang gampang pupus. Seringkali kita dikhianati oleh kenangan-kenangan yang mungkin saja, kejadian sebenarnya tidak seperti yang kita yakini faktanya. Adakah dari kamu yang pernah mengalami hal ini?

Bayangkan jika kamu sedang bepergian ke sebuah negara yang eksotis. Tentunya akan banyak sekali pemandangan yang instagramable serta spot-spot foto yang akan memenuhi memori kamera digital ataupun smartphone kamu. Namun jika kamu tidak selalu mencatat setiap detail tempat yang kamu singgahi tersebut, bisa jadi setelah kamu pulang kembali ke rumah, kamu hanya akan dibingungkan oleh banyaknya foto yang bahkan kamu tidak bisa ingat lagi dimanakah persisnya foto tersebut diambil.

Percayalah, tidak ada yang lebih menyenangkan selain ketika kelak kamu menemukan catatan perjalananmu dari [misalnya] sepuluh tahun yang lalu bersama sahabat ataupun kerabat tercinta. Karena catatan usang perjalanan itu seperti noda kopi, dia hilang namun tidak pernah benar-benar hilang. Belum lagi catatan perjalanan tersebut akan dapat diakses oleh anak cucu sebagai memorabilia kamu yang tidak akan pernah usang.

Bank Informasi

Kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu akan memerlukan informasi-informasi kecil yang ternyata ada di dalam catatan perjalan kamu. Karena pada dasarnya, travel’s blog adalah sebuah laci ajaib Doraemon yang bisa membawa kamu kembali ke masa lalu yang menyenangkan.

Bisa saja [misalnya] kamu ditugaskan pergi ke luar kota oleh kantor kamu, menuju sebuah daerah yang ternyata dulu pernah kamu singgahi. Disinilah catatan perjalanan kamu akan sangat berguna. Karena kamu akan bisa mengakses lagi detail tempat-tempat seru yang pernah kamu datangi seperti tempat-tempat kuliner ajaib yang anti mainstream, spot-spot foto yang indah, atau bahkan info penginapan yang mungkin tidak akan kamu temukan informasinya di dalam website umum.

Fotografer profesional pasti menyimpan catatan dari setiap lokasi pemotretan yang ia lakukan, dan seorang chef pun tentunya menyimpan catatan-catatan mengenai resep serta bahan-bahan masakan di dalam sebuah jurnal, guna bisa diakses kembali. Dan tentunya jika kamu mengaku seorang travelers, tidak ada alasan untuk kamu tidak menyimpan setiap catatan perjalanan kamu melalui sebuah buku diary ataupun blog pribadi.

Motivasi

Catatan perjalanan bisa membangkitkan motivasi untuk kembali melakukan traveling yang lebih seru dan lebih menyenangkan. Karena biasanya, dengan membaca tulisan-tulisan usang tersebut akan menimbulkan keseruan tersendiri, yang membuat kamu ingin mengulangi keseruan-keseruan yang lain, dengan aktifitas yang lain lagi. Dengan agenda liburan yang berbeda, serta mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Biasanya, seseorang yang telah matang dan mapan dalam hidupnya akan cenderung memiliki banyak sekali kesibukan, namun tidak pernah memiliki waktu untuk liburan, dengan berbagai macam alasan. Ini adalah hal yang kontradiktif. Dahulu saat kamu masih muda, kamu selalu berangan-angan untuk memiliki banyak uang agar dapat banyak liburan dan menggali kesenangan. Namun faktanya tidak selalu seperti itu.

Nah, jika kelak kamu berada dalam situasi ini, percayalah, kamu akan membutuhkan catatan perjalanan sebagai motivasi atau mungkin alasan, untuk melakukan perjalanan lagi yang jauh lebih menyenangkan dari yang pernah kamu lakukan dahulu.

Berbagi

Dari berbagai manfaat catatan perjalanan yang kami sebutkan diatas, mungkin inilah yang paling extraordinary, yaitu berbagi. Berbagi detail perjalanan yang kamu tulis secara sederhana, kepada calon travelers lain yang baru ingin mengunjungi sebuah daerah atau tempat yang pernah kamu datangi sebelumnya adalah sesuatu yang menakjubkan.

Karena tidak ada yang lebih membanggakan ketika detail itinerary yang kamu catatkan dalam catatan perjalanan tersebut lantas digunakan oleh orang lain. Atau mungkin, ada sebuah warung kuliner unik yang tadinya sepi kemudian jadi lebih ramai pengunjungnya setelah ada yang membaca ulasan kamu mengenai tempat tersebut. Berbagi itu sangat membahagiakan. Karena kamu dapat menolong orang lain yang baru ingin menggapai kebahagiaannya.

—-

Jadi gimana? Tertarik untuk mulai menulis catatan perjalanan kamu? Tapi sebelum itu, tentunya kamu membutuhkan liburan dong. Nah, Fateh Tours siap loh untuk mengatur jadwal perjalanan kamu melalui Paket Wisata yang telah kami siapkan. Atau mungkin kamu ingin menentukan sendiri detail perjalanannya? Kami pun siap membantu hal tersebut.